Apa Itu VOIP?


Waw.. ini dia teknologi yang sudah lumayan memasyarakat VOIP(Voice Over Internet Protocol) untuk lebih jelasnya mari kita bahas step by step.
 
Pengertian
VOIP ada teknologi yang mampu mentransferkan trafik suara, gambar, video dan data yang berbentuk paket via jaringan internet protocol. (jadi cakupannya bukan cuma suara yah!) ^_^

Implementasi
Dalam komunikasi menggunakan VOIP pengguna melakukan panggilan menggunakan terminal berupa telepon maupun PC. Terminal (PC atau telepon) akan berkomunikasi dengan gateway melalui telefoni lokal. Hubungan antar gateway dilakukan melalui network IP. Network IP dapat berupa network paket apapun, termasuk ATM, FR, Internet, Intranet, atau line E1.
 
VOIP menawarkan transportasi sinyal yang lebih murah, feature tambahan, dan transparansi terhadap data komputer, sehingga pilihan  alternatif untuk berkomunikasi ini dapat dengan cepat menyebar di dunia.

Hambatan
Hambatan Voip saat ini adalah kehandalannya yang di bawah telefoni biasa, dan soal standarisasi yang akan menyangkut masalah interoperabilitas.

Keuntungan 
Dengan berkomunikasi menggunakan VOIP, banyak keuntungan yang dapat diambil.
Dari segi biaya, VOIP jelas lebih murah dari tarif telepon konvensional, karena jaringan IP ini bersifat global sehingga untuk hubungan Internasional biaya dapat ditekan hingga 70%.
Biaya maintenance juga dapat di tekan karena voice dan data network statusnya terpisah, sehingga IP Phone dapat di ubah, di pindah dan ditambah. Hal ini karena VOIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang wajib memiliki port di Sentral atau PBX.

Jenis Metode Layanan VOIP
  1. Analog Telephone Adaptor (ATA)
  2. IP Phones
  3. PC to PC
Ketiga metode di atas adalah metode yang dapat dipakai oleh pengguna untuk melakukan / menggunakan layanan VOIP

ATA  adalah metode paling umum untuk menggunakan layanan VOIP yaitu menggunakan alat yang bernama ATA yang memungkinkan kita menyambungkan telepon konvensional ke PC atau internet untuk melakukan VOIP

IP PHONES yaitu telepon yang sudah memiliki port RJ-45 untuk langsung di sambungkan ke router guna melakukan panggilan VOIP.

PC to PC seperti namanya saja kita sudah dapat membayangkan, yaitu panggilan VOIP yang dilakukan menggunakan PC dengan perlengkapan microphone, speaker, dan software yang di sediakan para developer komunikasi VOIP ini contoh : Skype dan InterVoip. User tidak membayar satu sen pun dalam melakukan panggilan antarpengguna sesama layanan.


0 Response to "Apa Itu VOIP?"

Posting Komentar