Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus

Virus adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. tentu kita sangat terganggu saat komputer atau bahkan data data kerja kita terserang atau bahkan rusak karena virus.
Masalah virus ini memang masalah yang tipikal, namun kadang-kadang disebabkan kenaifan kita sendiri membuatkan masalah tersebut bertambah parah dan seterusnya tidak dapat diselesaikan dengan mudah, malah terpaksa harus kita format dan install ulang, sangat menjengkelkan memang…
Apa saja tanda-tanda kalau komputer kita terjangkit virus,  karena di saat virus yang semakin canggih saat ini, diperlukan kewaspadaan dari pengguna untuk mengantisipasinya. Berikut ini adalah tanda-tanda atauCiri-Ciri Komputer atau Laptop Yang Terkena Virus 

Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus

1. Waktu Booting Windows bertambah lama.
Komputer kita akan berjalan lebih lambat dari biasanya, dan hal ini berlangsung secara konsisten karena semakin hari semakin lambat saja komputer kita.
2. Komputer sering mengalami Hang.
Komputer tiba-tiba berhenti atau tidak merespon atau yang biasa dengan sebutan Hang dan hal ini sering terjadi berulang-ulang.
3. Komputer tiba-tiba Restart atau Crash.
Sering muncul tulisan “Don’t Send” dan hal ini terjadi beberapa menit sekali, dan yang paling parah adalah komputer tidak bisa masuk kedalam windows lagi.
4. Koneksi Internet melambat. 
Beberapa jenis virus hanya dapat bekerja dalam keadaan komputer tersambung pada internet. Apabila komputer telah terhubung dengan Internet. maka secara otomatis virus-virus tersebut akan memulai mengirimkan data-data yang telah didapatkannya pada komputer yang terinfeksi. data-data tersebut kemudian dikirimkan melalui jaringan internet, dan membuat traffic data internet menjadi penuh dan finalnya koneksi internet menjadi sangat lambat secara signifikan.
5. Fungsi-fungsi utama tidak berfungsi.
Pada sistem windows, banyak sekali sistem yang tidak dapat difungsikan disebabkan virus, seperti Menu folder option menghilang, Task Manager tidak dapat ditampilkan, Registry Editor (Regedit) tidak dapat ditampilkan, Hidden File tidak dapat ditampilkan, CTRL+ALT+DEL tidak dapat difungsikan.
6. Hard dik menjadi penuh dengan sendirinya.
Komputer yang terjangkit virus secara otomatis virus tersebut akan berkembang biak dengan jumlah yang sangat banyak. Hasil perkembangbiakan dari virus tersebut akan mengurangi kapasitas hardisk dengan cepat.
7. Muncul file-file yang memnpunyai nama yang sama dengan nama folder. 
Kebanyak virus yang menjangkiti komputer memilki kemampuan untuk menggandakan dirinya pada setiap folder yang ada. File yang baru memiliki kemampuan untuk menggandakan folder yang didalamnya ada file virus yang baru dan memiliki nama file yang sama dengan nama foldernya, dan seterusnya.
8. Folder atau File tidak bisa di delete.
Biasanya File/Folder yang terkena virus dari point no.7 biasanya tidak dapat di delete, dan kalaupun mampu untuk di hapus biasanya dengan secara otomatis akan muncul kembali.
9. Aplikasi Antivirus di Non Aktifkan.
Komputer atau laptop yang memiliki antivirus dan tidak terupdate sedangkan virus cukup kuat maka biasanya program aplikasi anti virus akan di nonaktifkan tanpa alasan, dan hasilnya virus tersebut akan berkembang biak dan merusak komputer secara perlahan-lahan tanpa anda sadari.
10. Layar Blue Screen.
Komputer yang terjangkit virus yang parah biasanya komputer tersebut akan menampilkan layar bluescreen.

Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus

Apabila komputer anda mengalami hal-hal tersebut diatas, besar kemungkinan komputer anda mengalami / terkena virus, untuk itu segera update antivirus anda dan scan komputer anda secara berkala.

Sumber : http://dikma.info

0 Response to "Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus"

Posting Komentar