Cara Mematikan [Setting Shutdown] Komputer Secara Otomatis

Awalnya saya hanya ingin tiduran sambil mendengarkan musik, tapi selalu saja saya terdidur, jadi lupa laptop gak pernah saya matikan. Nah dari situ saya mencoba mencari tahu apa bisa yah laptop atau komputer mati secara otomatis, atau ada gak yah Cara Mematikan [Setting Shutdown] Komputer Secara Otomatis?


Kemudian saya mencari di Google dan menemukan banyak sekali artikel yang membahas tentang itu dan oleh karena itu EK13 juga akan share cara tersebut. Untuk mengatur waktu atau timer caranya sangat mudah dan ini sudah saya tes di laptop saya dengan OS Windows XP dan untuk OS Windows 7 [Perintah dan cara kerjanya juga sama saja]. Oke langsung saja mari kita simak tutorialnya sebagai berikut.


Klik Start windows kemudian pada kotak pencarian tulis "RUN" kemudian Enter atau cara paling cepat adalah dengan menekan tombol windows + R [Dengan mengetik CMD kemudian Enter], maka akan muncul seperti gambar dibawah ini:


Setelah muncul jendela CMD seperti gambar diatas maka ketikan perintah berikut ini "shutdown.exe -s -t 3600" [Tanpa tanda petik] lalu tekan enter maka akan muncul notifikasi bahwa komputer akan mati dalam waktu 60 menit atau 1 jam. Seperti gambar dibawah ini: 


Gambar : Notification

Untuk membatalkan perintah juga sangat mudah gunakan cara yang sama seperti di atas hanya saja perintahnya yang berbeda seperti berikut ini "shutdown.exe -a" [Tanpa tanda petik]. Kurang lebih seperti gambar dibawah ini: 


Setelah Anda menekan enter maka otomatis notifikasinya akan menghilang dengan kata lain computer/laptop Anda BATAL untuk di matikan atau di shutdown.


Oke, sekian dulu yang bisa saya bagi malam ini.

Terima Kasih & Semoga Bermanfaat.


Good Luck!

0 Response to "Cara Mematikan [Setting Shutdown] Komputer Secara Otomatis"

Posting Komentar